Pujarsono, S.Pd.

Pujarsono, S.Pd. dilahirkan di Cilacap, 26 Agustus 1969. Sekarang dia mengabdi sebagai guru Bahasa Inggris di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kulon Progo, Daerah Istim...

Selengkapnya
Navigasi Web
HADIAH ANGGUR DARI LELAKI MISKIN
Sumber gambar: spiceee.net

HADIAH ANGGUR DARI LELAKI MISKIN

Tantangan Menulis Gurusiana Hari ke-50

Kolom Jumat:

Sahabat gurusianer yang berbahagia, alhamdulillah sampilah kita di hari Jumat lagi. Semoga di hari yang mulia ini Allah memberikan kepada kita semua umur yang barokah, rezeki yang melimpah, dan menulis tetap istiqomah. Aamiin.

Selamat membaca seri kisah akhlak mulia ini semoga memberikan manfaat bagi para pembaca.

Seri kisah akhlak mulia ke-2

HADIAH ANGGUR DARI LELAKI MISKIN

NABI Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam (saw) adalah sosok panutan dan teladan dalam segala hal. Allah Ta'ala memuji beliau karena akhlak dan adabnya yang begitu agung. 'Wa innaKa la'alaa khuluqin 'azhiiim' (dan sesungguhnya engkau (Muhammad) benar-benar berbudi pekerti yang agung. Begitulah Allah mengabadikannya dalam Surah Al-Qalam ayat 4.

Dalam hadis sahih dari Ummul Mukminin Aisyah radhiallahu 'anha pernah ditanya tentang akhlak Rasulullah SAW, maka Aisyah menjawab: "Akhlak beliau adalah Al-Qur'an". Berikut kisah Rasulullah mengajarkan akhlak mulia di hadapan sahabat.

Suatu hari datanglah seorang lelaki miskin dari desa membawa semangkuk penuh buah anggur yang hendak dihadiahkan kepada Nabi Muhammad SAW. Lelaki miskin ini begitu bersemangat memberikan hadiah untuk Rasulullah. Dia menyimpan anggur itu dan mengatakan, "Wahai Rasulullah, terimalah hadiah kecil ini dariku."

Rasulullah SAW mengambil mangkuk itu dan mulai memakannya. Beliau memakan buah pertama dan tersenyum. Kemudian buah kedua, beliau tersenyum.

Melihat senyum Rasulullah, lelaki miskin itu nyaris terbang kegirangan dibuatnya. Betapa bahagianya dia melihat anggur yang dibawanya dimakan oleh Rasulullah.

Para sahabat pun ikut menyaksikan hal tersebut. Sudah menjadi kebiasaan beliau SAW selalu membagi hadiah yang beliau terima kepada sahabat-sahabatnya. Namun, Rasulullah terus memakan sebutir demi sebutir seraya tetap tersenyum.

Hingga akhirnya mangkuk itu pun kosong, tidak ada sebutir anggur pun tersisa. Ketika itu sahabat heran. Sementara lelaki miskin tampak girang sejadi-jadinya lalu pamit kepada Rasulullah.

Setelah itu, salah seorang sahabat bertanya, "Ya Rasulullah, mengapa Anda tidak mengajak kami (menyantap anggur) itu bersamamu?

Maka Rasulullah SAW tersenyum dan berkata: "Tidakkah kalian lihat betapa bahagianya ia dengan mangkuk (anggur) itu? Ketahuilah ketika aku memakannya, anggur itu terasa asam. Maka aku khawatir apabila aku membaginya kepada kalian, maka kalian akan menampakkan reaksi sesuatu yang akan merusak kebahagiaannya".

Subhanallah, begitulah kemuliaan akhlak Rasulullah yang membuat para sahabat takjub. Sekilas terlihat hanya peristiwa biasa, namun kisah ini mengandung hikmah dan pelajaran berharga

Kita semua tentu mengiyakan bahwa akhlak Rasulullah adalah seperti yang dikatakan Aisyah RA, "Kaana khuluquhul Qur'an," (akhlak beliau adalah Al-Qur'an). Beliau melakukan apa yang disebutkan dalam Al-Qur'an seperti pada ayat-ayat berikut. "Jadilah engkau pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan yang makruf, serta berpalinglah dari orang-orang yang bodoh." (Al A'raf: 199)

Allah Ta'ala juga menggambarkan Rasulullah dalam Al-Qur'an: "Sungguh telah datang kepadamu seorang Rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin." (At- Taubah: 128)

Oleh karena itu, Beliau SAW memiliki akhlak paling sempurna dan paling agung, dimana tidak ada satu pun akhlak mulia kecuali beliau menduduki peringkat tertinggi. Beliau SAW orangnya mudah, dekat dengan manusia, memenuhi undangan orang yang mengundangnya, memenuhi kebutuhan orang yang butuh, memberi orang yang meminta-minta dan tidak mengecewakannya.

Apabila para sahabatnya menginginkan suatu perkara dari Beliau, maka Beliau menyetujui mereka serta mengikuti mereka jika tidak ada larangannya. Jika ingin melakukan suatu langkah, maka Beliau mengajak para sahabatnya bermusyawarah. Beliau menerima orang yang berbuat ihsan dan memaafkan orang yang bersalah. Tidaklah ada orang yang duduk dengan beliau kecuali bersikap dengan sikap yang sebaik-baiknya untuk beliau.

Beliau tidak pernah bermuka masam, tidak keras ucapannya, tidak menyembunyikan kegembiraannya, menjaga lisannya dari ucapan yang tidak berguna, tidak membalas orang yang bertindak kasar terhadap diri Beliau. Beliau tidak marah jika diri Beliau disakiti, tetapi marah jika syariat Allah Ta'aala dilanggar. Wallahu A'lam Bishshowab

Sumber:

https://kalam.sindonews.com/berita/1574449/70/kisah-rasulullah-dan-hadiah-anggur-dari-lelaki-miskin

https://umma.id/post/kisah-rasulullah-dan-hadiah-anggur-dari-lelaki-miskin-1278638

https://www.wattpad.com/329474140-kumpulan-kisah-nabi-muhammad-saw-yang-menyayat

Kulon Progo, 5 Juni 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Akhlakul karimah. Semoga kita bisa mengikutinya.Terimakasih telah berkunjung ke sriyonospd.gurusiana.id

05 Jun
Balas

Aamiin. Terima kasih atas kunjungan balinya Pak....TmSmg sehat dan sukses kembali

05 Jun

Semoga kita bisa meneladani seluruh prilaku nabi besar Muhammad SAW. Aamiin. Trima kasih pencerahannya pak Pujarsono.

05 Jun
Balas

Aamiin... Terima kasih bu TRI SULISTINI telah berkunjung. Semoga sehat dan sukses selalu.

05 Jun

Keren, pak. ..

05 Jun
Balas

Terima kasih ibu sdh berkenan mampir dan berkomentar. Sehat dan sukses selalu

05 Jun

Pak, coba pindah premium, temannya banyak

05 Jun
Balas

Caranya gimana bu....saya coba kok blm bisa..

05 Jun

Akhlaq yg luar biasa, semoga kita bisa meniru kemuliaan beliau. Benar-benar tauladan y agung.

05 Jun
Balas

Aamiin yra. Terima kasih telah berkunjung..... Semoga sehat dan sukses selalu.

05 Jun

sangat inspiratif.salut pak

05 Jun
Balas

Aamiin yra. Terima kasih telah berkunjung Bp Timbul Amar Hotib Harahap..... Semoga sehat dan sukses selalu.

05 Jun

MasyaAllah luar biasa pak,terimskasih sudah berbagi

05 Jun
Balas

Aamiin yra. Alhamdulillah. Terima kasih telah berkunjung Aamiin yra. Terima kasih telah berkunjung Bp Timbul Amar Hotib Harahap..... Semoga sehat dan sukses selalu..... Semoga sehat dan sukses selalu.

05 Jun

Mantap pak, sangat menginspirasi mencontoh akhlak Rasulullah

05 Jun
Balas

Terima kasih telah berkunjung Ibu FARIDA S. Ag..... Semoga sehat dan sukses selalu.

05 Jun

Suguhan yg sangat bermanfaat, terima kasih pak Pujarsono sudah berbagi ilmu

05 Jun
Balas

Alhamdulillah, semoga bermanfaat Ibu Zulheda. Terima kasih atas kunjungan dan apresiasinya. Semoga sehat dan sukses selalu.

05 Jun

Suguhan yg sangat bermanfaat, terima kasih pak Pujarsono sudah berbagi ilmu

05 Jun
Balas

Alhamdulillah, semoga bermanfaat Ibu Zulheda. Terima kasih atas kunjungan dan apresiasinya. Semoga sehat dan sukses selalu.

05 Jun

Suguhan yg sangat bermanfaat, terima kasih pak Pujarsono sudah berbagi ilmu

05 Jun
Balas

Komentarnya dobe-dobel....Sinyal lagi error ya Bu?

05 Jun

Suguhan yg sangat bermanfaat, terima kasih pak Pujarsono sudah berbagi ilmu

05 Jun
Balas

Suguhan yg sangat bermanfaat, terima kasih pak Pujarsono sudah berbagi ilmu

05 Jun
Balas

Suguhan yg sangat bermanfaat, terima kasih pak Pujarsono sudah berbagi ilmu

05 Jun
Balas

Ahklak Nabi adalah contoh teladan terbaik. Mantap Pak. Salam Literasi

05 Jun
Balas

Iya ibu. Semoga kita juga bisa meneladani akhlak beliau...

05 Jun

Masya Allah...pak tulisannya sgt berkesan sekali....

05 Jun
Balas

Alhamdulillah.. Terima kasih ibu....Terima kasih atas kunjungannyam Smg sehat selalu.

05 Jun

Masya Allah. Tabarakallah. Terima kasih, sudah berbagi informasi yang sangat berharga, pak! Sehat and sukses selalu!

05 Jun
Balas

Terima kasih ibu sdh berkenan mampir dan berkomentar. Sehat dan sukses selalu ibu...

05 Jun

Aamiin....

05 Jun

mantap pak tulisannya

05 Jun
Balas

Terima kasih ibu sdh berkenan mampir dan berkomentar. Sehat dan sukses selalu Bp Rochadi Arif Purnawan

05 Jun

Subhanallah... ingin meniru akhlak Rasulullah...tapi sulit sekali.... terimakasih pencerahannya pak... semoga kita bisa meniru Beliau

05 Jun
Balas

Terima kasih ibu sdh berkenan mampir dan berkomentar. Sehat dan sukses selalu

05 Jun

Terima kasih Admin....postingan lancar. Ahamdulillah....

05 Jun
Balas

Masya Allah ilmunya sangat bermanfaat pak...

05 Jun
Balas

Terima kasih ibu sdh berkenan mampir dan berkomentar. Sehat dan sukses selalu

05 Jun

Masya Allah

05 Jun
Balas

Terima kasih ibu sdh berkenan mampir dan berkomentar. Sehat dan sukses selalu

05 Jun

Ya Allah, sungguh mulia cara Rasullulah menyenangkan hati orang

05 Jun
Balas

Iya bu semoga kita bisa meneladani akhlak beliau. Terima kasih ibu sdh berkenan mampir dan berkomentar. Sehat dan sukses selalu

05 Jun



search

New Post